Kamis, 04 Januari 2018

speksifikasi CPU

speksifikasi CPU

pada praktikkum kali ini saya mencoba membongkar sebuah CPU , dan dibawah ini adalah ulasan  dari berbagai speksifikasi dari cpu :

1. casing


 casing adalah tempat /kerangka luar dari pada komponen lainnya.fungsi dari casing ini sendiri yaitu sebagai pelindung dari komponen elektronik lainnya. dan juga untuk mempercantik tampilan darisebuah CPU

2. RAM/Memory

Ram/memory terdiri dari beberapa jenis seperti DDR dan DDR2 dan sebagainya. ram adlah sebuah tipe penyimpanan  komputer yang isinya dapat diakses dalam jangka waktu yang tetap tidak memerdulikan letak data tersebut didalam memory.ini berdeda dengan alat memori urut, seperti tape megnetik, disk, dan drum, dimana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk meng akses data secara berurutan. 

3. Kabel SATA/IDE

 
kabel inimerupakan sebuah antar muka penyimpanan untuk menghubungkan host bus adapter untuk perangkat penyimpann masal seperti hard disk drive dan optical drive.
Serial ATA ini dirancang untuk menggantikan standar ATA (AT Attachent)yang lebih tua yang jug dikenal sebagai EIDE.

4. Mother  board


motherboard merupakan alat yang berupa papan elektronik yang didalamnya terdiri dari berbagai jenis transistor,konsuktor,resistor dan komponen elektronik lainnya yang berukuran sangat kecil. alat ini  merupakan tempat berlalulalangnya data. maka pemilihan mothetboard sangat berpengaruh besar pada  cpu,jika motherboarnya kurang baik maka kinerja dari cpu itu sendiri tidak akan maksimal.


5. Processor
prosessor disebut otak dari komputer  semakin bagus tipe prosessor maka akan semakin mahal pula harganya. semakin tinggi kecepatan dan teknologi prosessor maka semakin baik pula kinerja dari komputer.


 6. Soket Memory
 soket memory berfungsi sebagai tempat untuk mencapkan memori pada motherboard.soket memori terdiri dari berbagai model, untuk berbagai jenis  memory pada motherboard.kebanyakan motherboard terdiri dari 3 sampai 4 slot bergantung pada chipset  yang digunakan.

7. Hard disk

hardisk merupakan komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. data yang disimpan didalam hardisk tidak akan hilang ketika tidak deberi tegangan listrik.Dalam  sebuah hardisk keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

8. Power Supply
power supply adalah perangkat keras yang berbentuk persegi dan tertanam pada casing cpu yang berfungsi untuk mensupplai tegangan pada peratngkat keras komputer.

9. heatsink (fan)

Heatsink merupakan logam dengan desain khusus yang terbuat dari aluminium atau tembaga atau bahkan kombinasi dari kedua material tersebut, yang berfungsi untukmemperluas transfer panas dari sebuah prosesor. pemindahan panas terjadi menggunakan aliran udara dalam casing. jadi metode pendinginan ini tadak cukup efektif, karena sangat bergantung kepada aliran udara didalam casing. jika aliran udaranya terganggu, maka bisa dipastikan prosessor akan kepanasan.


inilah ulasan tentang beberapa jenis speksifikasi dari CPU, skian ulasan dari saya, semoga bermanfaat. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mengistalasi windows server 2003

untuk ulasan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara mengistalasi windows server 2003. untuk windows 2003 ini merupakan versi sist...